Pages

28 November 2009

Membuat File Audio dari Tape ke Komputer

Membuat lagu MP3 dari pita kaset ataupun merekam dari radio sebenarnya gampang. Tinggal rekam aja ke dalam komputer, Trus convert deh rekaman tadi ke file MP3, atau bisa juga format WAV (Microsoft) Cara perekaman dari kaset ke komputer relatif sama kaya’ cara merekam siaran radio AM atau FM ke komputer.

Alat2nya yaitu komputer (yaiyalahhh!!! 1), tape recorder (yaiyalahhh!!! 2), kaset (yaiyalahhh!!! 3), jack 3.5 mm bolak-balik (mau yaiyalah lagi?!) buat nyambungin dari tape ke sound card (Komputer), trus softwarenya. Disini ana pake Audacity versi Beta 1.37. Bisa di download di http://audacity.sourceforge.net/. Untuk ukuran gratis, aplikasi ini gampang dipake dan hasil noise bisa diedit2.





        
Menghubungkan tape dengan PC emang cukup gampang. kamu tinggal colokin jack audio out RCA dari tape, bisa juga lewat colokan headphone. Biasanya colokan yang berwarna biru. Konfigurasikan Line-In dengan mengklik dua kali icon speaker pada system tray atau pada Control Panel (klik Start > Control Panel > Sounds and Audio Devices). Klik tombol Advanced pada bagian Device Volume dari Control Panel Sounds and Audio Devices. Trus, hilangkan tanda Mute. Setelah proses koneksi tape compo ke komputer selesai, sekarang setting Preference pada Audacity. Secara default, input recording dari Audacity adalah mono, kalo mau set aja ke stereo. Buka preferences dari menu Edit, pilih Preferences. Pada Audio I/O tab, perhatikan di bagian Recording, pada bagian Chanels, pilih 2 (stereo). Sisanya mending jangan diapa2in ntar salah setting berabe jadinya.


Kalo semua beres, mainin kaset dari tape, trus klik tombol Record pada Audacity. Tunggu sampe kira2 lagu pada kaset abis. Trus, tekan Stop. Save dah tu ke File > Export > Pilih Format WAV (karena format lain butuh LAME Encoder) > Beri nama > Save dah.


Kalo mau jd MP3, download aja LAMEnya di http://lame.sourceforge.net/. Atau save dulu dalam format WAV trus convert dah pake converter apa aja (yang penting bisa convert WAV ke MP3).

Ganbatte Neee!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar